Mesin Combine Bantu Panen Padi Lebih Cepat

Wednesday, October 2, 2019
Pertanian adalah salah satu sektor yang tidak bisa diabaikan begitu saja, karena sektor ini merupakan sumber pangan bagi manusia, salah satunya adalah pada sektor pertanian padi.

Saat ini pertanian di Indonesia khususnya tanaman padi merupakan sektor yang paling penting mengingat makanan pokok bagi bangsa Indonesia adalah dari beras yang berasal dari padi ini.

Nah berkaitan dengan tanaman padi juga tidak lepas dari masa panen dimana pada tahapan panen padi ini, dibutuhkan tenaga manusia untuk proses memanennya. nah yang jadi bahasan kali ini adalah mulai bergesernya proses pemanenan padi ini yang sebelumnya masih menggunakan tenaga manusia, kini beralih dengan mesin.

Hal ini juga berdampak pada perubahan sosial di masyarakat petani, seperti misalnya sebelumnya petani buruh mendapatkan bayaran berupa padi ketika memanennya namun kini tidak lagi karena sudah digantikan oleh tenaga mesin combine ini.

Setiap perubahan tentunya ada dampak yang terjadi baik dampak positif maupun dampak negatif, dampak positifnya proses panennya lebih cepat dan resiko tercecernya gabah berkurang bila di banding dengan alat panen tradisional.

Anda bisa lihat sendiri pada video berikut ini, dimana pada pemanenannya yaitu dengan mesin combane, konon katanya dalam waktu 7 jam dapat memanen tanaman padi sekitar 7 jam.


0 komentar:

Post a Comment test