Cara Pindah Hosting Wordpress Lama ke Hosting Baru

Cara Pindah Hosting Wordpress Lama ke Hosting Baru ini berdasarkan pengalaman saya sendiri dalam memindahkan salah satu website saya ke tampat hosting baru. sebenarnya dalam memindahkan web atau blog Wordpress ke hosting baru ini cukup sederhana dalam waktu 2 jam sudah selesai. bahkan bisa lebih cepat lagi kalau sudah pengalaman. silahkan Anda coba langkah-langkahnya berikut ini :

Dalam pindah hosting lama ke hosting baru yang perlu dipersiapkan adalah :

1. Backup dulu semua file yang ada di file manager pada hosting lama, silahkan Anda masuk ke Cpanel hosting lama, lalu masuk pada File manager dan silahkan unduh semua file WordPress yang terinstal di folder public_html. Anda perlu mengunduh semua file dari folder ini. langkahnya adalah

Cara pindah hosting antar cpanel


TAHAP PERTAMA

1. Unduh seluruh file yang ada di tempat hosting lama :

Masuk ke Cpanel di tempat hosting lama, pilih domain yang mau di pindah isi kontennya ke hosting baru kalau pada hosting lama tersebut memeiliki banayak domain. namun bila hanya 1 domain langsung saja pilih atau cari menu atau ikon FILE MANAGER :

Cara Pindah Hosting Wordpress Lama ke Hosting Baru


Setelah masuk di FIle Manager Anda akan melihat Public HTML, maka akan terlihat beberapa folder dan File Instalasi Wordpres beserta Plugin dan Konten website Anda, Nah file dan Folder yang ada pada PUBLIC HTML inilah yang Anda Download, Silahkan Anda Slect All atau pilih semua file tersebut lalu klik kanan dan di ZIP agar mudah di jadikan satu File, Lihat gambar berikut ini :

cara pindah hosting antar cpanel


cara memindahkan website ke domain baru


Setelah file telah tercompres lalu Anda download file hasil kompres tersebut. berikut ini ilustrasinya :


cara memindahkan blog wordpress ke hosting


2. Unduh file Database pada hosting lama

Pada Cpanel silahkan Anda pilih PHP My Admin, lalu klik, berikut ilustraisnya : 






Setelah Dua file ZIP dan SQL ini kita Download kemudian nantinya akan kita UPLOUD pada baru tempat Hosting yang baru.

Memindahkan wordpress ke hosting lain


TAHAP KEDUA

Sekarang kita masuk ke domain yang mau kita arahkan ke tempat hosting baru tujuannya adalah untuk mengarahkan name servernya ke arang tempat hosting baru, ingat menganti DNS ke arah tempat hosting baru, pastkan bahwa Anda telah mendapatkan DNS dari tempat hosting yang baru, format DNS biasanya adalah sebagai berikut :
sekedar Contoh saya gunakan DNS rumahweb.com

ns1.rumahweb.com (64.131.65.219)
ns2.rumahweb.com (206.214.211.55)
ns3.rumahweb.net (119.31.234.122)
ns4.rumahweb.net (103.247.8.156)

Nah DNS ini kita masukkan ke domain regester yang mau kita arahkan ke hosting baru kita., lihat ilustrasinya sebagai berikut :



Setelah Anda DNS nya maka otomatis web Anda akan di arahkan ke tempat hosting baru, biasanya akan memakan waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam , namun bisa juga bisa lebih cepat dari itu. sambil nunggu pengarahan domain tersebut , kita masuk ke tampat hosting baru yang telah kita beli, berikut ini ilustrasinya :

1. Login ke tempat hosting baru kita. pilih Cpanel hosting baru kita :



2. Pilih File manager :


3. Uploud file Zip di Public HTML hosting yang baru ini :




Setelah berhasil di Extrak silahkan di Refresh halaman tersebut atau Reload, maka akan muncul file Wordpres yang telah kita Uplud tersebut sesuai dengan ini pada hosting lama.

TAHAP 3

Buat database pada hosting baru ini, berikut langkah-langkahnya :
masih pada Cpanel hosting baru ini silahkan pilih menu Database my SQL , berikut langkah-langkahnya :


Buat databse


 

Buat User databse :


Menghubungkan User dengan database :

Manage user dengan database



TAHAP 4 

Uploud file  database yaitu file SQL  dari hosting lama ke hos lting baru, berikut langkahnya :

pilih data base yg kita buat :


Pilih menu Import :


Pilih file SQl dari hosting lama yang telah kita Unduh :



Klik GO



Berhasil menguploud file SQL :

TAHAP 5 

Tahap ini adalah tahap finisihing yaitu mengedit file Config.php untuk mengubah user database dan databse name lama dengan user database dan database baru pada hosting baru ini , berikut file dengan lankahnya :

Pada file manager web kita atau domain kita yang telah kita Uploud file Zip tersebut cari file Config.PHP , lalu klik kanan pilih edit :




Isi semua DB Name, User DB Name dan Password User, lalu DB Host arahakek Ke Localhost.

Oke, demikian cara memindahkan wordpress pada hosting lama ke tempat hosting baru dari pengalaman kami saat memindahkan web kami. semoga tips ini dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari panduan tentang memindahkan website wordpres dari hosting lama ke hostng baru.
Cara Pindah Hosting Wordpress Lama ke Hosting Baru Cara Pindah Hosting Wordpress Lama ke Hosting Baru Reviewed by Petani Online on 3:48:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.