bibit jambu kristal
Siapa dari Anda yang suka bibit jambu kristal? Jambu terkenal dengan vitamin dan kesegarannya untuk langsung disantap. Salah satu yang populer sekarang ini adalah jambu Kristal yang memiliki warna hijau, rasa manis dan segar dan minim biji. Jenis buah yang satu ini juga sering dijadikan hidangan jus di beberapa rumah makan. Tidak heran karena hal inilah bibit jambu kristal semakin banyak dicari dan akhirnya dibudidayakan di beberapa daerah. 

Tanaman jambu kristal ini tidak terlalu berbeda dengan jambu lainnya. Jenis pohon ini hanya bisa ditanam dengan area tanah yang besar karena ukuran dari pohon jambu tersebut. Sudah banyak penjual bibit jambu kristal yang dapat Anda temukan di pasaran, namun cara menanam pohon harus menjadi perhatian yang sangat diutamakan.

  •  Pengolahan tanah adalah hal dasar yang harus diperhatikan. Tanah yang digunakan tidak harus rata atau datar, Anda dapat menggunakan tanah perbukitan yang memang miring. Tentunya bantuan sengkedan atau terasering dapat Anda gunakan pada wilayah yang curam. Sebelum ditanam, tanah harus digemburkan terlebih dahulu. Proses penggemburan ini dapat menggunakan pembajakan atau pencangkulan tanah dengan kedalaman sekitar 30cm. Tahapan yang dilakukan setelah mengolah tanah adalah mencampurkan pupuk agar tanah menjadi lebih subur. 
  • Pemeliharaan tanaman dengan penyulaman dan penjarangan harus dilakukan secara rutin. Anda harus memperhatikan bahwa bibit jambu kristal tidak boleh mati. Bibit yang sudah mati harus segera dibuang agar tidak berdampak pada tanaman yang lain. Tantangan terberat dalam merawat pohon jambu Kristal adalah menghilangkan benalu atau gulma yang sering menempel pada pohon. Proses penyiangan dilakukan setiap satu bulan sekali dengan memotong atau melakukan pembuangan tunas dari dalam batang. Setelah tanaman memiliki umur sekitar dua tahun, Anda dapat mulai melakukan pemangkasan secara rutin pada ujung tanaman untuk membuatnya lebih rimbun. Pemangkasan ini juga harus Anda lakukan setelah masa panen. 
  • Anda harus memperhatikan setiap pemberian pupuk pada lahan di umur-umur tertentu. Biasanya pupuk kandang, TSP, urea dan ZK akan diberikan pada tahun pertama. Selanjutnya pemupukan tanaman akan ditambah dengan NPK dan TSP pada umur satu hingga tiga tahun. Tentunya untuk pemberian NPK dan TSP ini memiliki jangka waktu setiap tiga bulan sekali. Pupuk yang berbeda harus Anda berikan ketika berumur di atas tiga tahun. Pemberian pupuk kandang yang intensif akan sangat membantu pertumbuhan tanaman jambu Anda. 

Tips Menanam Bibit Jambu Kristal 



Beberapa cara penanaman di atas tentu menjadi langkah awal untuk memberikan buah dengan hasil yang maksimal. Hal-hal tambahan seperti penyiraman, pengendalian hama dan cara mengatasi penyakit dapat Anda pelajari lebih lanjut dengan melakukan konsultasi dengan pakar bibit jambu kristal. Semakin Anda mempelajari pertumbuhan bibit jambu Kristal, maka hal tersebut akan menguntungkan bagi Anda.
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment test