Budidaya Bibit Jeruk Dekopon Agar Sukses Panen

Budidaya Bibit Jeruk Dekopon dapat dimulai oleh siapa saja. Baik Anda yang memiliki lahan sempit ataupun lahan yang besar. Namun Anda harus melihat jenis buah yang ingin Anda tanam. Bibit jeruk Dekopon adalah salah satu bibit buah yang dapat Anda budidayakan di pekarangan atau kebun rumah Anda. Awal kemunculan dari bibit jeruk ini di Indonesia cukup menjadi perbincangan. Hal ini karena jeruk Dekopon merupakan jeruk yang berasal dari Jepang dengan iklim yang jauh berbeda dengan Indonesia.

Bibit Jeruk Dekopon
Kenyataannya banyak yang membantah asumsi tersebut dan akhirnya membawa bibit jeruk dekopon ke Indonesia untuk mulai diuji. Awalnya bibit ini dibawakan oleh seseorang yang berasal dari Bandung dan hasilnya tanaman tersebut berhasil tumbuh dan berbuah dengan sempurna. Hingga kini sudah banyak yang melakukan budidaya tersebut dan tentunya daerah Bandung merupakan daerah dengan bibit jeruk Dekopon yang terbanyak di Indonesia.

Berat buah ini berkisar 1,3 kg untuk setiap buahnya apabila sudah memiliki umur sekitar dua tahun. Meskipun berasal dari daerah yang memiliki iklim yang tidak sepanas Indonesia. Namun bibit buah jeruk ini ketika dibudidayakan di Indonesia ternyata dapat tumbuh juga di dataran yang rendah. Hanya saja memang terdapat perbedaan yaitu pada ukuran jeruk tersebut. 

Budidaya Jeruk Dekopon


Anda bisa juga lihat tentang budidaya bibit jeruk dekopon pada vedi berikut ini :



Bagi Anda yang ingin melakukan budidaya jeruk ini, terdapat beberapa pengetahuan yang  perlu Anda ketahui.

  • Pemilihan bibit jeruk Dekopon yang baik akan sangat membantu dalam proses budidaya. Biasanya bibit seperti ini akan disebut dengan entres atau induk dasar jeruk. Apabila Anda ingin melakukan budidaya, pilihlah entres yang memiliki umur tua. Entres ini dapat Anda temukan pada bibit pohon yang sudah berbuah.
  • Lakukan pemotongan entres dengan pisau yang bersih. Tentunya lakukan pemotongan dengan hati-hati agar entres yang sudah Anda ambil dan akan menjadi induk okulasi menjadi rusak. Apabila pemotongan jalur bibit tidak sesuai, maka secara otomatis bibit induk atau entres ini sudah tidak dapat digunakan lagi atau gagal.
  • Okulasi tentunya menyatukan bibit dari jeruk Dekopon dengan jeruk yang lain, Anda dapat memilih secara bebas jenis bibit pohon jeruk yang dijadikan batang bawah untuk proses okulasi. Hal yang harus dilakukan dengan segera adalah buang semua ranting dan daun yang ada pada pohon yang akan dijadikan batang bawah untuk jeruk Dekopon.
  • Proses selanjutnya adalah memasukkan tunas dalam kulit batang bawah pohon. Proses ini cukup rumit dan Anda harus yakin bahwa mata tunas yang akan Anda masukkan benar-benar bersih.
  • Terakhir, Anda tinggal mengikat bibit jeruk Dekopon atau entres yang sudah Anda miliki dengan batang bawah pohon jeruk lain. Pengikatan ini haruslah sempurna dan tidak ada sedikitpun ruang yang dapat menjadi jalan bagi kotoran atau air agar tanaman tumbuh menjadi sempurna.
Demikian budidaya Jeruk Dekopon yang bisa Anda lakukan, mudah mudahan dapat menjadi rujukan dalam keberhasilan Anda dalam budidaya bibit jeruk dekopon.
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment test