Budidaya Bibit Jati Super untuk Investasi

Bibit Jati Super - Pohon jati sekarang telah menjadi lahan investasi yang menjanjikan. Meskipun membutuhkan lahan yang besar dan waktu yang cukup lama, namun hasil yang diberikan oleh jati terutama jati super memang sangatlah menguntungkan. Sekarang ini sudah banyak sekali biji jati super yang diperjual belikan, Anda tinggal menanyakan biji yang berkualitas untuk perkebunan Anda. Bibit tersebut tentunya membutuhkan beberapa teknik khusus agar hasil menjadi maksimal.


  • Bibit dan biji tentu memiliki cara penanaman yang berbeda. Apabila bibit dapat langsung ditanam maka biji membutuhkan waktu pengeringan yang cukup lama. Biasanya biji harus dikeringkan selama empat hari hingga kering, lalu rendam selama tiga hari. Setelah tujuh hari berlalu barulah Anda dapat menyemai biji di lahan yang sudah Anda siapkan.
  • Media tanam tanah besarnya menyesuaikan jumlah biji jati super yang Anda gunakan. Pastinya tentukan besar dan luas dari jati yang tumbuh dengan tanah Anda. Biasanya setiap 1 kg biji membutuhkan lahan dengan besar 1 meter untuk panjang dan lebar sekitar 70 cm. Patokan tersebut adalah luas minimal karena jati tidak dapat tumbuh terlalu dekat.
  • Penggemburan tanah harus dilakukan sebelum biji jati disebar. Gemburkan tanah terlebih dahulu sekitar kedalaman 10 cm. Penggemburan tanah dapat dilakukan dengan alat ataupun cangkul secara manual. Setelah tanah gembur, masukkan kompos dan pupuk kandang lalu ratakan di sepanjang lahan kebun jati Anda.
  • Setelah penggemburan tanah selesai, barulah Anda melakukan penyemaian biji jati. Sebarkan biji jati di tempat yang sudah Anda hitung jaraknya. Lalu tutupi dengan pasir agar hawa di dalam tanah menjadi panas untuk biji yang sudah disebar. Setelah melakukan penutupan, penjagaan biji jati dapat dilakukan dengan plastik yang direkatkan pada bambu setinggi 70 hingga 80 cm. Tujuannya hampir sama dengan pasir, yaitu memaksimalkan pembakaran dari biji jati di dalam tanah.
  • Apabila biji jati super sudah kering sempurna, maka lakukan penyiraman secara rutin. Penyiraman dapat dilakukan sekitar satu hingga empat kali dalam satu minggu. Lakukan berturut-turut hingga minggu ketiga. Setelah itu akan muncul tunas seperti kecambah. Setelah itu tanaman baru dapat dipindahkan ke media tanam polibag.

Bibit Jati Super dan Jati Emas

Setelah melakukan pemindahan, Anda hanya perlu merawat jati sesuai dengan cara di atas, namun dengan skala yang lebih besar baik dalam pemberian pupuk, penyiraman, dan penjagaan. Anda baru dapat memindahkan jati setelah biji jati super menjadi tanaman dengan tinggi 3-5cm. Apabila sudah terlihat batang pohon secara sempurna, maka Anda boleh merasa tenang dan menunggu pertumbuhan pohon jati selama tujuh hingga sepuluh tahun dan dapat mulai dipanen. Anda dapat memulai investasi jangka pendek ini yang memiliki keuntungan maksimal.

Nah untuk Anda yang mau investasi tanaman jati dan membutuhkan bibit jati super atau jati emas silahkan kunjungi Channel bibit tanaman berikut ini :

0 Comments

0 komentar:

Post a Comment test